PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK GURU-GURU SMPN 3 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Tesa manisa Universitas PGRI Pontianak
  • Eka Trisianawati Universitas PGRI Pontianak
  • Mustika Sari Universitas PGRI Pontianak
  • Nawawi Universitas PGRI Pontianak
  • Herditiya Universitas PGRI Pontianak
  • Novi Nurmayanti Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

modul ajar, Artificial Intelligence (AI), kurikulum merdeka

Abstract

SMP Negeri 3 Sungai Kakap sebagai salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka, berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi seluruh peserta didik. Permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni guru-guru terbebani dengan membuat administrasi sekolah yang rumit, seperti pembuatan modul ajar sehingga terkadang menyita waktu mengajar. Para guru membutuhkan sebuah media yang dapat digunakan untuk mengefisienkan waktu dalam membuat modul ajar. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi terbaru, yakni AI. Salah satu upaya yang dilakukan sekolah untuk mencapai komitmen tersebut adalah dengan menyelenggarakan pelatihan pembuatan modul ajar berbasis AI bagi guru-guru. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan modul ajar yang kreatif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik; Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah; dan Mempersiapkan guru untuk menghadapi era pembelajaran 4.0. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Anggaran 2024 akan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya yang direncanakan berlangsung selama satu hari. Peserta PkM yaitu guru SMP Negeri 3 Sungai Kakap.  Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi interaktif, praktek langsung, penugasan, dan pengumpulan modul ajar untuk menambah kemampuan dan kreativitas guru.  Produk yang dihasilkan oleh guru berupa modul ajar yang lengkap dan utuh yang dapat dikumpulkan di link google drive. Link ini dapat di akses oleh kepala sekolah, guru, dan program studi sebagai fasilitator dalam sesi pendampingan saat penugasan. Bukti guru-guru telah selesai melaksanakan pelatihan berupa sertifikat 32 JP yang dapat di unggah di akun PMM untuk menambah poin mengajar. Kegiatan PkM yang berjudul “Pelatihan Pembuatan Modul Ajar berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Guru-Guru SMPN 3 Sungai Kakap”  terlaksana dengan baik, memberikan manfaat, dan sesuai dengan harapan peserta dengan rerata persentase angket yang diberikan sebesar 96%.  

References

Baker, R. S. (2019). Challenges for the future of educational data mining: The Baker learning analytics prizes. Journal of Educational Data Mining, 11(1), 1-17.

Gupta, S., Patel, R., & Singh, A. (2023). Artificial Intelligence in Education: Opportunities and Challenges. International Journal of Educational Technology and Learning, 8(2), 112-128.

Hew, K. F., & Kaufman, H. (2017). Artificial intelligence in education: Where does it come from and where will it go? Journal of Artificial Intelligence in Education, 27(1), 21-57.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.

Kumar, P., & Sharma, R. (2020). Artificial intelligence in education. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 11959-11966.

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed: An Argument for AI in Education. Pearson.

Makarim, N. 2022. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 33 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelestarian Kebudayaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 156. Halaman 6057-6076.

Merrill, M. D. (2018). First Principles of Instruction: Identifying and Designing Effective, Efficient, and Engaging Instruction. Wiley.

Morgan, C., & Heritage, M. (2018). What is the role of artificial intelligence in education?. British Journal of Educational Technology, 49(2), 238-253.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Kurikulum Merdeka.

Renz, A., & Hilbig, R. (2020). Prerequisites for artificial intelligence in further education: Identification of drivers, barriers, and business models of educational technology companies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 42.

Smith, J., Johnson, A., & Lee, M. (2021). The Role of Artificial Intelligence in Education. Journal of Educational Technology, 45(2), 231-245.

Tan, C., Wang, C., & Liu, T. (2021). Artificial intelligence in education: A review and applications. Computers in Human Behavior, 122, 106817.

Trianto, A., & Mujono. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Woolf, B. P. (2018). Building intelligent interactive tutors: Student-centered strategies for revolutionizing e-learning. Morgan Kaufmann.

Downloads

Published

2025-05-04

How to Cite

Tesa manisa, Trisianawati, E., Sari, M., Nawawi, Herditiya, & Nurmayanti, N. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK GURU-GURU SMPN 3 SUNGAI KAKAP . Sinergi Berkarya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 59–67. Retrieved from https://journal.ypmedia.id/index.php/sinergiberkarya/article/view/22